Wednesday 24 August 2011

Pengusir Bau Mulut

Enam Santapan Pengusir Bau Mulut.

Problem bau mulut seringkali menggangu komunikasi dgn rekan sekantor, klien atau mitra kerja atau juga teman-teman yg lainnya. Meski sdh rajin menggosok gigi, bau mulut masih saja muncul. Karena itu, perlu dicoba berbagai cara untuk meredam semerbak tak sewdap yg keluar dari rongga mulut tsb. Berikut ini ada beberapa pilihan mengatasi problem tsb, yg semuanya tdk bersifat obat, namun cara alternatif lewat buah dan makanan.




1. LEMON.
Coba hisap irisan Lemon, atau mengigit-gigit kecil pinggiran Lemon tsb. Jika anda di restoran, bisa pesan air putih dgn potongan Lemon didlmnya, atau Lemon Tea. Utk waktu terdesak, permen dgn rasa Lemon juga bisa membantu, plus lebih mudah dibawa-bawa.


2. DAUN PETERSELI & GARMISH HIJAU.
Ketika pesanan anda tiba dgn Garnish Hijau dibagian pinggirnya, biasanya berupa Daun Parksey, Basil, atau Rosemey, coba kunyah daun-daun tsb. Batang dan daun tumbuhan kecil ini memiliki kandungan minyak yg memiliki aroma yg bisa menutupi bau mulut.




3. PERBANYAK MENU KAYA SERAT.
Makanan kaya akan serat plus mengunyah makanan semacam Wortel, Apel dan sayuran hijau akan membantu mulut memproduksi ai liur. Kedua hal ini akan mencipta semacam pembersih mulut. Dgn byknya produksi air liur, maka akan mengurangi bau karena menekan kekentalannya.



4. BUMBU YANG RENYAH.
Utk solusi eksotis lainnya, coba cari kapulaga, ketumbar atau biji ada yg biasa dijual ditempat-tempat penjualan bumbu dapur. Mengunyah bumbu-bumbuan tadi akan mengeluarkan minyaknya utk menetralkan bau mulut yg tdk sedap itu.



5. DAUN MINT/BATANG KAYU MANIS.
Bahan-bahan ini bisa membantu menghilangkan bau tdk menyenangkan dari bawang Bombay dan bawang putih plus minyak dari kayu manis bisa membunuh bakteri pd mulut agar tdk berkembang lebih byk. Kayu Manis atau permen karet rasa mint sama efektifnya. Jika anda pencinta permen karet, pilih permen karet dgn rass mint yg mengandung Xylitol utk mengurangi risiko gigi berlubang sekaligus menyegarkan napas anda.


6. BUAH BERRY DAN YOGURT.
Jika anda tdk bisa melewati hari tanpa makan makanan yg bisa memicu bau napas tdk sedap, makanlah utk pencegahan yg lbh baik daripada berusaha menghilangkan baunya yg sdh menyengat.
Mengkomsumsi setegah cangkir Yogurt Tawar, bebas gula dan rendah lemak bisa menurunkan level Sulfida Hydrogen penyebab bau napas tdk sedap. Buah Berry, seperti Melon, Jeruk dan buah-buahan lain yg mengandung Vitamin C tinggi juga bisa mengurangi bakteri mulut yg berbau. Mulailah setiap hari dgn Yogurt yg diberikan buah sebagai pelengkap. Sekian.

Semoga artikel di blog ini bermanfaat utk kita semua. Terimakasih.


Sumber:
RealAge/KompasFamale
BPost/HealthAgusts'11

Photobucket Photobucket

Site Search